(S1+S1) Digital Psychology
Merupakan sebuah program gelar ganda yang memadukan prinsip-prinsip dasar psikologi dan ilmu komputer guna memahami perilaku manusia dalam menggunakan teknologi digital dan mengembangkan teknologi digital untuk kesejahteraan manusia.
Dengan pemahaman tersebut, didukung dengan kemampuan riset dan pengolahan data, para lulusan dapat menjadi profesional yang mumpuni dalam area analisis data, pengembangan program/sistem yang berguna untuk peningkatan kesehatan mental masyarakat, riset-riset perilaku berbasis mahadata, hingga praktisi psikologi yang terampil dalam pemanfaatan teknologi analisa data.
Visi
Pendidikan kelas dunia yang memadukan prinsip-prinsip dasar pendidikan Psikologi dan ilmu komputer, mendapat pengakuan internasional, dan pemenang inovasi.
Misi
- Memberikan bekal pemahaman dan keterampilan tentang perilaku dan proses mental manusia maupun prinsip ilmu komputer.
- Penerapan langsung kedua keilmuan itu untuk mendorong penggunaan teknologi yang sehat.
- Penciptaan teknologi yang mampu meningkatkan Kesehatan mental.
Capaian pembelajaran (cross cek slide 10)
- (SO – 1) Mampu menggunakan penalaran ilmiah berdasarkan pemahaman konsep dasar dan teori psikologi, guna menjeaskan dan menganalisa fenomena psikologi pada manusia.
- (SO – 2) Mampu melakukan penelitian ilmiah yang kritikal, termasuk mengembangkan instrumen penilaian psikologis, untuk menjelaskan fenomena psikologis dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terkini.
- (SO – 3) Mampu merencanakan pengembangan diri dan karir
sebagai persiapan menghadapi tantangan dunia global.
- (SO – 4) Menerapkan pengetahuan dan keterampilan multidisiplin untuk mengembangkan solusi alternatif untuk menyelesaikan permasalahan.
- (SO – 5) Mampu menganalisa masalah komputasi rumit dan mengaplikasikan prinsip-prinsip komputasi dan ilmu untuk mengidentifikasi solusi permasalahan.
- (SO – 6) Mampu mendesain, mengimplementasikan, dan mengevaluasi solusi untuk persyaratan komputasi dalam konteks ilmu komputer.
- (SO – 7) Mampu berkomunikasi dengan efektif dalam konteks profesional yang beragam.
- (SO – 8) Mampu mengenali tanggung jawab profesional dan membuat penilaian dalam praktik komputasi berdasarkan prinsip hukum dan etika.
- (SO – 9) Mampu berfungsi secara efektif sebagai anggota kelompok atau pemimpin kelompok yang terlibat dalam aktivitas ilmu komputer.
- (SO – 9) Mampu mengutilisasi prinsip ilmu komputer untuk mengidentifikasi dan memprediksi perilaku manusia.
- (SO – 10) Mampu merancang intervensi psikologi non-klinis berbasis prinsip-prinsip dasar psikologi, teori ilmu ckmputer, dan dasar pengembangan piranti lunak.
- (SO – 11) Mampu mengaplikasikan pengetahuan interdisciplinary dan kemampuan dalam mengembangkan solusi alternatif untuk penyelesaian masalah.
Gelar Sarjana:
- Kom., S. Psi.
Prospek Karir
- Profesional/Konsultan di area kesehatan, pendidikan, industri/organisasi, atau komunitas
- Asisten psikolog
- Konselor psikologi
- Behavioral scientist
- Data scientist
- Social media analyst
- Software/AI engineer untukaplikasi/game terkait perilaku
- UX Designer
- Pelaku usaha mandiri
Struktur Mata Kuliah
Semester 1 |
CB: Pancasila |
Introduction to Psychology & Digital Psychology |
Philosophical Anthropology & Origin of Psychology |
Learning Psychology |
Logic & Science |
Algoritma dan Pemrograman |
Linear Algebra |
Semester 2 |
Entre: Prototyping |
Cognitive Psychology |
Research Mehodology: Quantitative Psychology |
Observational Method |
Statics For Behavioral Science |
Data Structure |
Programming Design Method |
Object Oriented Programming |
Semester 3 |
BioPsychology |
Lifespan Development & Theories of Developmental Psychology |
Artificial Intelligence |
Database |
Computer Network |
Discrete Mathematics |
Algorithm Design and Analysis |
Semester 4 |
Indonesian |
Social Psychology |
Personality Psychology (Psychodinamics & Humanistic) |
Psychometrics |
Computational Biology |
Scientific Computing |
Calculus |
Software Engeneering |
Semester 5 |
CB: Kewarganegaraan |
Entre: Market Validation |
Personality Psychology & AI (Behavioristic, Trait) |
Technology Mediated Interview |
Industrial & Organizational Psychology |
Research Methodology: Experimental Design |
Psychological Test Construction |
Compilation Techniques |
Semester 6* |
Clinical Psychology |
Counseling Psychology |
Digital Wellbeing |
Human Computer Interaction |
Behavioral Data Analytics |
Computational Physics |
Operating System |
Semester 7* |
CB: Agama |
Introduction to Psychodiagnostic |
Technology Based Psychological Intervention |
Behavioral Simulation and Generation |
Affective Computing |
Digital Work Force |
Digital School Psychology |
Semester 8 |
Enrichment |
Semester 9 |
Skripsi** |
Skema Enrichment Track
Certified Internship Track
Tujuan dari Internship Track adalah untuk membina, mendidik dan menghasilkan sumber daya manusia yang siap diterapkan antara BINUS University dan mitra BIPP (untuk mengurangi kesenjangan antara pendidikan dan industri). Mahasiswa akan melakukan kerja praktek di perusahaan selama 1 (satu) atau 2 (dua) semester dan mengkonversi sebanyak-banyaknya 40 (empat puluh) SKS. Perusahaan akan menyediakan pekerjaan sesuai keterampilan dan keahlian sesuai jurusan mahasiswa. Pada Program Studi ini, pengambilan Jalur Magang bersifat wajib baik pada semester 6 maupun semester 7, dimana mahasiswa dapat memilih Jalur Pengayaan Bersertifikat lainnya.
Melalui jalur ini mahasiswa juga akan mengikuti budaya kerja dan jam kerja perusahaan sehingga perusahaan dapat melakukan evaluasi sejak dini terhadap calon karyawan yang mungkin dapat melanjutkan proses magang hingga menjadi karyawan. Bagi mahasiswa sendiri, keuntungan dari program ini adalah mahasiswa mempunyai kesempatan untuk mengaplikasikan ilmu yang dipelajari di kampus dalam lingkungan kerja nyata dan mahasiswa juga akan mendapatkan pelatihan yang cukup ketika lulus.
Certified Entrepreneuship Track
Adalah penelitian kolaboratif antara dosen dan mahasiswa Dimana mahasiswa secara langsung terlibat dalam aktivitas yang mengasah kemampuan siswa dalam menulis ilmiah. Mahasiswa akan dibimbing oleh para peneliti terbaik dari BINUS University untuk melakukan penelitian, dan diharapkan dapat menciptakan inovasi-inovasi baru yang bermanfaat bagi masyarakat.
Proposisi Nilai: Mempersiapkan siswa memiliki kemampuan analisis yang baik. Dalam kegiatan penelitian ini, mahasiswa berperan sebagai anggota Tim Peneliti.
Certified Specific Independent Track
Track Specific Study Independent adalah proses competency-based yang membiarkan mahasiswa untuk mendemonstrasi bagaimana cara untuk mengerti, mempelajari bidang tertentu di luar jurusannya. Melalui Studi Khusus Jalur Mandiri, mahasiswa akan mendapatkan pembelajaran profesional dari praktisi industri yang memberikan kesempatan untuk belajar dan mengembangkan kompetensi keterampilan baru.
Jalur ini berupa pelatihan bersertifikat dengan berbagai topik keahlian yang dibutuhkan oleh sebagian besar industri, seperti: Pemasaran Digital, Spesialis Media Sosial, Analisis Data, dll.
Dengan mengikuti jalur ini, mahasiswa akan memperoleh tambahan keterampilan di luar latar belakang program studi yang diambilnya di perkuliahan sehingga memiliki peluang lebih besar untuk melamar berbagai bidang pekerjaan setelah lulus.
Certified Study Abroad Track
Merupakan program yang memungkinkan mahasiswa untuk belajar di luar negeri selama 1 (satu) atau 2 (dua) semester, dengan skema transfer kredit yang dilaksanakan di universitas mitra BINUS University. Melalui studi di luar negeri mahasiswa diharapkan memperoleh pengalaman antar budaya, memiliki keunggulan kompetitif di dunia kerja dan memperkaya soft skill dalam bersikap dan berkomunikasi. Melalui program ini, mahasiswa dapat menggali wawasan dan pengetahuan lebih dalam dalam lingkungan global. Kantor Internasional BINUS akan memfasilitasi program ini.
Proposisi Nilai: Mempersiapkan siswa dengan segudang pengalaman internasional.
Thesis
Tesis dapat didaftarkan setelah melengkapi semua persyaratan. Mahasiswa dapat memilih kampusnya ketika sedang mengerjakan Tesisnya.