Mengenal Computer Science dan Prospeknya di Masa Depan

Dalam beberapa dekade terakhir, komputer dan internet tidak hanya jadi kebutuhan tetapi juga hal pokok dalam kehidupan. Tanpa keduanya, manusia tidak akan bisa berkembang atau bahkan bisa jadi tertinggal oleh zaman. Hal ini terutama berlaku bagi anak muda yang tinggal di kawasan perkotaan.

Menguasai komputer dan melek internet seperti jadi syarat utama agar diterima di dunia kerja. Inilah mengapa, banyak yang tertarik untuk belajar Ilmu Komputer. Hal tersebut juga menjadi salah satu dasar dibukanya jurusan Computer Science di Bina Nusantara University (BINUS).

Mengenal Computer Science

Sesuai namanya, di jurusan ini, mahasiswa akan belajar segala hal tentang komputer. Secara spesifik, mereka akan belajar dari hal yang paling dasar seperti bagaimana sebuah komputer bisa bekerja, apa saja yang diperlukan sebuah komputer untuk bisa berfungsi secara maksimal, hingga penggunaan komputer dalam membangun sebuah jaringan.

Diakui atau tidak, pengetahuan yang didapatkan dari Computer Science akan terhubung dengan banyak bidang. Lulusan jurusan ini juga selalu dibutuhkan oleh perusahaan, terutama yang berbasis internet (startup). Tidak heran apabila banyak yang menganggap, Computer Science punya prospek menjanjikan di masa mendatang.

Prospek Computer Science di Masa Depan

Sebagai World Class University, BINUS memahami besarnya potensi lulusan Ilmu Komputer di dunia kerja. Hal tersebut membuat kampus swasta terbaik di Indonesia ini membuka jurusan Computer Science. Harapannya tentu saja, agar BINUSIAN bisa menjadi leaders dan enterpreneur di bidang ini.

Sebagai leader dan entrepreneur, para lulusan juga diharapkan menguasai kemampuan dasar ataupun teknikal yang dibutuhkan dunia profesional. Harapan ini sesuai dengan misi jurusan Computer Science BINUS yang dikutip dari laman resmi jurusan ini.

Di era digital seperti sekarang, harapan tersebut adalah sesuatu yang wajar. Perkembangan teknologi dan internet beberapa dekade belakangan membuat ilmu Computer Science relevan dan selalu dibutuhkan. Jadi jangan heran apabila di masa depan, lulusannya bisa kita temukan di semua bidang kerja termasuk yang selama ini belum tersentuh teknologi seperti pertanian.

Sebagai gambaran, beberapa prospek karier lulusan jurusan Computer Science adalah:

  • Analis sistem
  • Teknisi software
  • Teknisi web
  • Spesialis Database
  • Spesialis AI
  • Data Scientist
  • Konsultan
  • Dan masih banyak lagi

Secara umum, setiap bidang kerja yang memanfaatkan teknologi dan internet, pasti membutuhkan lulusan Computer Science. Jadi, bisa dibayangkan bukan betapa besar potensi lulusan jurusan ini untuk bisa berkarier dan berkontribusi besar pada dunia terutama Indonesia.